Friday, 30 November 2012

Membuat Aplikasi Android Sederhana

1. Bikin Project Dulu Pertama kali kalo mau buat aplikasi, ya tentunya bikin dulu project-nya, gak ujug-ujug bikin gitu aja :D BTW, udah pada tahu kan cara bikin project Android? Kalo gak tau kebangetan, tinggal klik File -> New -> Android Project di Eclipse.
Silahkan kasih nama projectnya, terserah mau apa aja :D gratis kok, gak bayar :D Misal saya kasih nama projectnya dengan nama Kontak. Kok Kontak? Ya karena memang aplikasi yang mau saya buat sekarang aplikasi manajemen kontak sederhana :D Tapi perlu diinget, gak ada hubungannya dengan aplikasi kontak yang ada di Android-nya. Ini cuma aplikasi iseng aja :D hehehe Kalo udah, silahkan klik tombol Next
Kalo udah sekarang pilih target versi aplikasinya untuk Android versi berapa, karena hp saya itu sistem operasinya Android versi 2.3, jadi saya pilih yang 2.3, kalo kamu sih silahkan pilih yang sesuai dengan hp kamu, saya gak peduli :P Kalo udah, klik Next > lagi.
Sekarang tinggal kasih nama aplikasinya, disini saya kasih nama Kontak buat aplikasinya. Selain itu, masukin juga nama package nya, jangan lupa ceklis Create Activity, lalu masukin nama kelas Activity nya. Kenapa perlu di ceklis? Soalnya kalo gak diceklis, saya males kalo harus bikin kelas Activity manual, kalo ada yang otomatis ngapain manual? Bikin cape aja :P Kalo udah, klik tombol Finish, otomatis Eclipse bikinin project-nya buat kita (kita? Lho kali gw enggak :P)
Bikin Kelas Domain ato Model Kelas Domain? Kelas Model? Kalo kamu gak tau maksudnya, berarti kamu beruntung baca buku ini, kalo kamu gak pernah baca buku ini, bias celaka dua belas :D Oke, saya jelasin nih… Kelas Domain ato Model adalah kelas yang merepresentasikan data, data apaan? Ya data apa aja, bisa data entitas, tabel, atau apa aja deh terserah. Di buku ini, karena saya bikin aplikasi Kontak, artinya bakalan ada data kontak, artinya kelas Domain ato Model nya adalah kelas Kontak. Isi kelas domain itu cuma atribut-atribut aja, misal di kelas Kontak cuma bakal ada atribut, nama, telepon sama email, kalo mau ditambahin sih terserah, saya sih gak mau nambahin lagi, tar kepanjangan bikin bukunya :P Sebelum bikin kelas Kontak, sekarang kita bikin dulu package nya, jangan ditumpuk di satu package, itu gak baik? Kata siapa? Kata nenek :P Ya iyalah gak baik, kalo ditumpuk di satu package, bayangin kalo ada 1000 kelas, bisa mabok carinya :P Back to topic, buat bikin package, bisa pilih File -> New -> Package :
Isi nama packagenya, misal saya isi com.stripbandunk.android.kontak.model, kalo kamu terserah mau masukin apa aja, saya gak peduli :P Kalo sudah, sekarang tinggal bikin kelas Kontak nya, caranya pilih File -> New -> Class :
Jangan lupa masukin package yang tadi dibuat, lalu silahkan kasih nama kelas nya, missal disini saya kasih nama Kontak, soalnya memang saya mau buat kelas yang berisi data Kontak. Kalo udah, klik tombol Finish. Eclipse akan otomatis buatin kelas Kontak, isinya seperti ini :
Sekarang saatnya nambah atribut, nama, email sama telepon, semua tipe datanya saya mau pake tipe data String, kenapa? Ya gak mungkin juga nama tipe datanya angka, emang gila apa :P
Sory ya, saya sengaja pake gambar, gak pake teks, soalnya supaya kamu gak bisa copy-paste :P Enak aja, saya cape ngoding, kamu cuma copy paste :P Kalo kamu sering coding Java, pasti sedikit aneh. Kok atributnya public? Gak private? Trus mana getter dan setter nya? Tenang, tenang :D Jangan anggap kita lagi coding di aplikasi desktop atau web, sekarang kita coding di aplikasi mobile, semakin banyak code yang kita buat, otomatis akan semakin memperlambat aplikasi di mobile, soalnya mobile itu perpormanya gak seperti di computer, jadi pastikan buat codenya sehemat mungkin :D termasuk disini, gak perlu pake getter dan setter :D Bikin Database Tenang, tenang, gak usah kaget dulu :P Disini saya ga bener-bener nyuruh bikin database sendiri :P Bisa gila kalo suruh bikin database sendiri, hehehe. Maksudnya kita bikin dulu kelas database-databasan, pura-pura aja kalo datanya disimpan di database, padahal disini saya cuma simpan di List aja. Seperti biasa, bikin package dulu :
Kalo udah, sekarang bikin kelas nya :
Disini saya pake nama KontakDatabase, jadi jelas ketauan kalo kelas ini adalah kelas database buat data Kontak. Kalo udah klik tombol Finish.
Isi kelas KontakDatabase ini hanya beberapa metode, yaitu add(Kontak) dan findAll(). Metode add(Kontak) buat nambah data kontak, dan metode findAll() buat ngambil seluruh data kontak. Karena kelas KontakDatabase ini diakses dimana-mana, jadi saya buat kelas ini jadi kelas singleton.

No comments:

Post a comment

Followers